Senin, 09 April 2012

3 Kombinasi Latihan Untuk Dapatkan Tubuh Ideal

forum-buku.blogspot.com
Ada beragam cara untuk mendapatkan tubuh sehat dengan bentuk yang ideal. Selain menjaga pola makan, olahraga dan latihan juga menjadi faktor penting dalam pembentukan tubuh ideal. Pola latihan yang baik tentunya akan lebih membantu Anda mencapai tujuan daripada berlatih asal-asalan tanpa teknik yang tepat.


Salah satu teknik latihan untuk hasil maksimal adalah dengan menggabungkan jenis latihan yang berbeda, yaitu dengan menggabungkan latihan beban, latihan kardio dan peregangan. Dengan cara ini, Anda akan melatih setiap kelompok otot yang berbeda dan merata yang tidak Anda dapatkan hanya dengan melakukan satu jenis latihan saja.
Berikut ini 3 teknik latihan yang akan membantu Anda dapatkan tubuh ideal secara signifikan.
  • Teknik 1: Latihan Kardio
    Mulailah hari Anda dengan melakukan latihan kardio. Anda bisa melakukan jenis kardio apapun asal dapat meningkatkan detak jantung Anda. Ada banyak pilihan kardio yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Anda harus memvariasikan latihan kardio agar dapat melatih bagian tubuh yang berbeda. Jika Anda mulai bosan dengan jogging, Anda bisa mencoba renang. Jika Anda bosan dengan bersepeda, Anda bisa mencoba aerobik, begitu seterusnya. Dengan melakukan variasi latihan kardio yang berbeda, Anda dapat memberikan kesempatan pada otot dan tendon untuk memulihkan diri sebelum melakukan latihan berikutnya. Sekaligus mencegah Anda dari kejenuhan yang dapat membuat Anda berhenti dari latihan kardio.
  • Teknik 2: Latihan Beban
    Pada hari kedua, Anda bisa mulai latihan beban. Buatlah program latihan beban yang bisa Anda jalankan dengan baik, dan sertakan beberapa latihan berbeda yang dapat melatih setiap bagian otot Anda secara merata. Squat, crunch, push up, adalah contoh latihan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah jika Anda tidak sempat datang ke gym. Bahkan dengan kaleng cat yang diisi air dan peralatan lain di rumah pun bisa Anda bisa gunakan sebagai alat untuk menunjang latihan Anda. Latihan beban ini berperan besar dalam meningkatkan pembakaran kalori berlebih yang dapat menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh Anda. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan tubuh yang lebih kencang, dan kepadatan tulang Anda akan lebih terjaga. 
  • Teknik 3: Latihan Peregangan
    Sampai di hari ketiga, saatnya Anda melakukan latihan peregangan. Ada beragam latihan peregangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda seperti yoga dan pilates. Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu manfaat yoga dan pilates yang paling dikenal adalah meredakan stres. Pada orang tertentu, stres dapat memicu makan berlebihan sehingga dapat memicu naiknya berat badan. Kedua latihan ini juga efektif untuk mencegah pengeroposan tulang, meningkatkan kesehatan persendian, dan memperbaiki postur tubuh.
  • Teknik 4: Ulangi 3 Teknik di Atas
    Setelah 3 hari berlatih dengan teknik di atas, Anda bisa memulai kembali program latihan Anda dari awal dan seterusnya. Setelah berlatih dalam beberapa minggu, Anda akan mulai merasakan manfaat yang luar biasa dari latihan Anda. Seperti meningkatnya stamina dan kebugaran Anda, serta perubahan bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan kencang.
Jangan lupa untuk mengimbangi latihan Anda dengan diet yang sehat untuk hasil lebih maksimal.

Source : Dunia Fitnes