Senin, 16 April 2012

7 Makanan Berserat Tinggi

forum-buku.blogspot.com - Kandungan serat yang banyak dalam tubuh dapat menurunkan gula darah, mengurangi kolesterol, dan bahkan dapat mencegah kanker usus besar. Juga membantu mencegah penyakit wasir. Tetapi hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup serat dalam tubuh mereka. Perempuan harus mendapatkan sekitar 25 g per hari dan laki-laki setidaknya 35 - 40 g, tetapi rata-rata orang hanya mendapat asupan serat 15 g per harinya. Menurut Carolyn Brown, RD, ahli gizi dari Foodtrainers di kota New York, kita bisa meningkatkan asupan serat dengan memakan makanan yang kaya serat.



Berikut tujuh makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi:
  1. Jagung
    Kita semua pasti sudah akrab dengan jagung. Jagung mengandung nutrisi antioksidan yang mencegah Alzheimer. Sekitar setengah cangkir biji jagung mengandung 2 g serat. Olahan jagung, popcorn juga merupakan sumber serat yang hebat dan rendah kalori. Jagung sangat baik dalam mengontrol penyakit diabetes.
  2. Kacang hitam
    Kacang hitam mengandung 15 g serat per cangkir dan sekitar 15 g protein. Warnanya yang gelap menandakan tingginya kandungan flavonoid, pigmen tumbuhan yang bersifat antioksidan. Ditambahkan oleh Carolyn Brown, ketika mengkonsumsi kacang hitam dalam program untuk diet, pastikan juga untuk minum lebih banyak air agar lebih efektif.
  3. Kacang merah
    Kacang merah sangat populer di India Utara serta Selandia Baru. Kacang merah kaya akan serat, protein, dan zat besi. Seratus gram kacang merah yang sudah dikeringkan akan menghasilkan 4 g serat yang terdiri atas serat yang larut air dan yang tidak larut air. Serat yang larut air inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  4. Kacang buncis
    Jenis kacang-kacangan ini sangat bermanfaat karena kaya serat dan antioksidan. Buncis banyak ditemukan di daerah Timur Tengah, yang menjadi bahan pokok dalam campuran hidangan seperti hummus dan falafel. Kacang-kacangan ini  juga banyak ditemukan di India, produsen buncis terbesar di dunia.
  5. Avokad
    Daging krim dari avokad merupakan sumber serat yang besar, sekitar 10 g serat. Kandungan seratnya secara simultan membantu proses pencernaan. Avokad juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  6. Pasta gandum Pasta gandum atau millet memiliki rasa yang agak manis. Millet berserat tinggi, mengandung vitamin, mineral, dan protein. Jika kita ingin berdiet, pasta gandum bisa jadi pilihan menu untuk dikonsumsi.
  7. Beras merah
    Setiap cangkir beras merah mempunyai kandungan 3,5 g serat. Beras merah juga berguna untuk menurunkan diabetes. Peneliti Harvard baru-baru ini menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi nasi putih seminggu meningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17%, tetapi dengan menambah porsi makan dari beras merah per minggu akan mengalami penurunan risiko sebesar 11%.
source