Senin, 14 Mei 2012

Keunggulan Blogspot dan Wordpress

Apa yang anda gunakan untuk mebuat blog ? pasti kebanyakan wordpress dan blogspot . untuk keunggulan nya mari kita simak bersama hehehehe..
Sebagai seorang blogger pemula, kita seringkali bingung untuk memilih menggunakan blog hosting yang mana. Banyak pilihan dalam memilih blog hosting. Tentunya faktor kemudahan, kecepatan akses dan keunggulan lainnya berperan sangat besar serta membuat blog hosting tersebut lebih unggul dibandingkan dengan blog hosting lainnya.
Memang blog hosting sangat banyak pilihannya, mulai dari blogspot.com, wordpress.com, LiveJournal.com, Multiply.com, Tumblr.com dan Windows Live Spaces. Masing-masing dari blog hosting tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.



Yang terkenal dan cukup populer di telinga kita adalah blogspot dan wordpress. Keduanya merupakan blog hosting yang cukup besar dibandingkan dengan yang lainnya. dalam artikel ini saya akan membahas tentang keunggulan blogspot dan wordpress.

Dari segi tampilan awal atau dashboard serta menu lainnya, wordpress lebih unggul dibandingkan blogspot. Karena para blogger newbie pasti lebih cocok dengan tampilan yang mudah dan tidak ribet. Di Wordpress, kategori settingnya dibuat berdasarkan item masing-masing sehingga blogger bisa langsung mengerti. Kalo di blogspot, linknya terdiri dari beberapa item didalamnya sehingga kita harus hafal menu dan item di blogspot.


Namun mengenai dukungan script dan bahasa web, maka blogspot lebih unggul dibandingkan dengan wordpress. Blogspot dapat mendukung lebih banyak bahasa seperti javascript, java applet dan lainnya. Sedangkan wordpress tidak dapat mendukung bahasa javascript, jadi terlalu tergantung dengan plugin yang ada. Sehingga kita tidak bisa memodifikasi blog dengan bahasa web yang kita sukai.


Mengenai kecepatan akses, sepertinya kita sudah bisa menduga bahwa blogspot lebih cepat dibandingkan dengan wordpress. Karena blogspot merupakan layanan dari google dan sebagai bantuan dari google, maka dukungan jaringannya lebih unggul.

Kita bisa mengchecknya dari sisi traceroute (Pengecekan Jalur-jalur Router yang dilewati dari source address /alamat asal sampai destination address / alamat tujuan). Dari situ dapat terlihat bahwa server blogspot berada di jalur IIX (lokal Indonesia) sehingga aksesnya lebih cepat dibandingkan dengan server wordpress yang berada di jalur bandwith Internasional yang besar. Sehingga untuk dapat mengaksesnya lebih lambat dibanding blogspot.


Dari sekian yang saya tahu, maka saya pribadi cenderung lebih menyukai blogspot. Dan itulah alasannya saya menggunakan blogspot, padahal dulu saya juga punya blog wordpress, namun karena kurang sesuai, maka saya beralih ke blogspot.

Tapi itu pengalaman pribadi saya ya, untuk memilih blog hosting, bisa terserah pada blogger sekalian. Yang penting kita bisa bebas menjadi seorang blogger di dunia maya. Salam blogger…