Minggu, 13 Mei 2012

Ungkap Karakter Lewat Tulisan Tangan


 forum-buku.blogspot.com - Pernahkah Anda berpikir untuk mengenal lebih dalam terhadap diri sendiri, orang lain, atau keluarga?
Salah satu metode yang dianggap bisa menjadi solusi adalah melalui handwriting analysis atau yang dikenal dengan metode tulisan tangan.






Handwriting analysisatau graphology yang bertujuan mengungkap karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisan ini digunakan pertama kali pada 1875 oleh seorang warga negara Prancis bernama Michon.

Graphology berasal dari bahasa Yunani yaitu, grapho yang berarti saya menulis dan logos yang berarti ilmu.

" Metode ini bertujuan membantu individu-individu agar bisa mengenal kepribadian dan karakter seseorang lebih mendalam," kata Fransiska Remila, Brand Manager PT Faber Castell International Indonesia, saat acara demo singkat mengenai handwriting anaysis di toko buku Gramedia Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (12/5).

Fransisca menjelaskan dengan mengenal kepribadian khususnya mengetahui kekuatan dan kelemahan, masing-masing individu dapat mengembangkan kepribadiannya menjadi manusia yang lebih baik.

"Hanya dengan tulisan tangan, semua kepribadian seseorang dapat terungkap," jelas Fransisca.

Kini, menulis dengan tangan menjadi sebuah hal yang unik dan penting, ditengah maraknya penggunaan komputer dan teknologi digital lainnya.

"Bila seseorang menulis dengan tangan, akan ada hubungan/koneksi ke otak, sehingga apa yang ditulis akan diingat dengan lebih baik oleh otak kita, daripada kita mengetik menggunakan komputer atau alat digital lainnya," ungkap Fransisca.

Tulisan adalah otak

Sementara itu, seorang grapholog ternama Indonesia, Kusuma Prabandari, SE, MM, CBA, CMHA, CH, menambahkan sebenarnya tulisan tangan adalah tulisan dari otak manusia. Otak manusia sendiri menyimpan berbagai pengalaman hidup yang tersimpan di alam bawah sadar.

Tak hanya itu, pengalaman hidup juga turut membentuk karakter manusia. Karakter manusia yang berada dalam otak itu, muncul dalam bentuk tulisan.

Semakin banyak seseorang menulis, karakter yang dapat dibaca pun semakin banyak. Ada setidaknya 13 aspek yang membuat tulisan dapat dibaca. Mulai dari bentuk tulisan, kemiringannya, besar dan kecilnya tulisan, hingga penekanan ketika menulis.

Kusuma juga menjelaskan, kegunaan dari membaca karakter manusia melalui tulisan adalah mengetahui karakter baik dan buruk seseorang. Jika telah mengetahui berbagai karakter dalam dirinya, seseorang dapat lebih mengembangkan karakter yang baik, dan memperbaiki kelemahan yang ada melalui grafoterapi.

Kegunaan lain dari membaca karakter seseorang melalui tulisannya adalah membantu berbagai perusahaan untuk merekrut karyawan yang tepat. Bahkan, dengan membaca karakter seseorang, pencuri dapat ditangkap. Tidak jarang juga membaca tulisan seseorang digunakan untuk mencari jodoh.

"Membaca karakter seseorang berdasarkan tulisan tangannya bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika Anda ingin memiliki kemampuan tersebut, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu," pungkas Kusuma. [mor]

source