Sabtu, 16 Juni 2012

Jantung Sehat Dengan Konsumsi Telur

Jantung Sehat Dengan Konsumsi Telur Telur sempat dianggap sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang dapat menjadi kontributor terhadap penyakit jantung. Kenyataannya, yang menjadi penjahat utamanya bukanlah kolesterol melainkan saturated dan trans fats.



Maka, mana yang benar, telur berbahaya bagi jantung atau malah bikin sehat? Ahli gizi asal Kanada, Dr Peter Jones menyebutkan bahwa kunci diet sehat adalah dengan mengonsumsi telur.

Menurutnya, telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi. Selain itu telur juga memiliki protein berkualitas tinggi serta 14 nutrisi penting.

“Telur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin A, B12 dan E. Telur juga salah satu dari beberapa makanan yang secara alami mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi,” jelasnya seperti dikutip Canadanews.

Jantung Sehat

Banyak masyarakat yang menilai kandungan telur mempengaruhi kolesterol dalam darah. Memang banyak juga kandungan kolesterol yang terdapat pada kuning telur, yakni 186 miligram. Normal kadar kolesterol pada hakikatnya adalah 300 mg per hari, namun ada bagi anda yang mengonsumsi makan telur ada takaran dan aturannya.

Di Amerika dalam ilmu kesehatan khususnya kolesterol dan telur ada baiknya seorang mengonsumsi 4 butir telur seminggu sekali dan bagi orang yang terken penyakit jantung sebaiknya kurangi mengonsumsi makan telur yaitu 2 butir setiap minggunya.
Walaupun kuning telur rawan terhadap kolesterol setidaknya anda bisa mengimbangi antara kelebihan dan kekurangan mengonsumsi telur. Ingat kuning telur menyimpan lutein dan nutrisi yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.