Minggu, 08 Juli 2012

25 Fakta Cara Hidup Sehat



25 Fakta Cara Hidup Sehat Dengan hidup sehat kita bisa melakukan apa pun yang bisa kita lakukan. Berikut ini 25 Fakta Cara Hidup Sehat : 





1. Olahraga ringan secara teratur
Jalan-jalan selama 30 menit akan membakar 1500 kalori setiap minggu, yang artinya 78.000 kalori kardiogram setiap tahun. baik untuk jantung dan paru-paru anda.

2. Jadwalkan olahraga bersama keluarga.
Pilihlah jenis olahraga yang bisa melibatkan seluruh anggota keluarga, seperti sepakbola, bola volley. Ini akan membuat keluarga menjadi lebih dekat.

3. Lompat  tali
Jenis olahraga yang bagus dan bisa dilakukan kapan saja. Lompat tali selama 10 menit setiap hari akan mengurangi timbunan lemak.

4. Cari partner latihan
Seperti kita ketahui bahwa seseorang akan melakukan lebih baik jika ada motivasi dari yang lain.

5. Berenang
Berenang dapat mengurangi stress pada sendi dan punggung.

6. Tetaplah  aktif di tempat kerja
Cobalah berjalan-jalan ketika rehat. Ketika di depan computer tariklah  kepala ke belakang.

7.  Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering
Lebih baik  makan enam kali porsi kecil dibandingkan tiga kali dengan porsi besar. Semakin sedikit makanan maka perut kita tidak akan terlalu meregang.

8. Minum banyak air putih.
Minum paling sedikit 8 gelas sehari. tidak termasuk kopi, minuman rasa buah.

9. Jangan racuni tubuh anda
Jauhi rokok, alkohol dan obat terlarang, karena buruk bagi kesehatan.

10. Selalu sarapan
Meninggalkan sarapan pagi adalah cara yang banyak dilakukan orang dalam berdiet. Padahal  orang-orang yang selalu sarapan pagi mengurangi kemungkinan terjadinya obesitas.

11. Masak dengan cara sehat
Kurangi menggoreng makanan, sebagai gantinya cobalah dengan cara dipanggang. Menggoreng makanan hanya menambah kalori yang tidak perlu.

12. Nikmati setiap potong makanan.
Ketika makan, kunyahlah dengan pelan-pelan. Nikmati dan perhatikan setiap aroma dan rasa. Semakin lama anda mengunyah, anda akan makin menikmatinya.

13. Bangun pagi !
Awali hari anda lebih awal. Beraktifitas bersamaan dengan munculnya matahari membantu me-reset jam tubuh. Ini membuat pola tidur lebih baik dan anda akan lebih bersemangat sepanjang hari.

14. Jauhi cahaya matahari berlebihan
Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum. Terpapar cahaya matahari berlebihan membuat beresiko terkena kanker kulit. Jika memang harus terpapar, gunakan penutup.

15. Kendalikan  emosi anda.
Mengendalikan emosi akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

16. Jagalah kebersihan mulut
Kasus yang umum, orang-orang akan kehilangan gigi pada usia 35 tahun. Untuk itu sikat gigi anda setiap hari agar gigi dan gusi tetap sehat.

17. Makanlah sekurangnya lima porsi setiap hari.
Menyediakan buah dan sayur di lemari pendingin paling depan akan mengurangi anda mengambil makanan ringan.

18. Kurangi stress.
Stres dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi kesehatan. Jadi, jangan memusingkan hal-hal kecil!

19. Kenalilah dirimu
Mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda dapat membantu Anda tetap sehat. Banyak penyakit keturunan dapat dicegah sejak awal.

20. Jaga kesehatan mental Anda
Depresi adalah penyakit serius yang perlu ditangani. Ini bukan kesalahan Anda, sehingga Anda tidak perlu takut untuk berbicara dengan dokter untuk memperoleh bantuan.

21. Tidur nyenyak.
Kurang tidur menyebabkan stres pada tubuh. Ini meningkatkan kortisol dan insulin, meningkatkan penyimpanan lemak dan membuat penurunan berat badan sulit.

22. Lakukan pemeriksaan payudara secara teratur
Untuk perempuan, waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri adalah seminggu setelah masa menstruasi Anda, ketika jaringan payudara keras dan besar.

23. Tidur siang
Banyak yang berkata bahwa tidur 30 – 45 menit sehari membuat badan tetap segar dan tidak mudah stres. Cobalah untuk tidak melewatkannya!

24. Buka paru-paru anda.
Dengan cara bernyanyi! Tidak peduli, apa yang akan Anda dengar ! Di kamar mandi, di mobil, atau di mana pun Anda berada, bernyanyi dengan suara keras. Ini dapat menghilangkan stres.

25. Luangkan waktu untuk menikmati hidup Anda
Meskipun penting untuk melakukan pekerjaan yang baik dan mengurus sebuah tanggung jawab tetapi hidup ini juga dimaksudkan untuk dinikmati. Santai! Menertawakan diri sendiri, dan bermain sekeras Anda!

26. Tetaplah optimis melihat kehidupan

27. BERSYUKURLAH....