Rabu, 07 Januari 2009

Musik Memberi Warna dalam Hidup kita (bagian pertama)

Pada saat-saat tertentu kadang kita meluangkan waktu untuk mendengarkan musik supaya lebih santai sambil menjalankan aktivitas, tapi musik juga seringkali tidak sengaja kita dengar dari lingkungan di sekitar kita. Sebenarnya apakah musik itu ?

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Musik)

Sejak kecil saya suka sekali mendengarkan musik dan terkadang menjadikan musik sebagai iringan tari. Rasanya menyenangkan, apalagi jika sambil bernyanyi. Dulu saya tidak terpikir untuk tahu kenapa hal itu bisa terjadi, yang ada hanya kesenangan menikmatinya saja. Namun, sekarang setelah dewasa saya ingin tahu kenapa musik bisa begitu kuat mempengaruhi dan menemani saya dalam berbagai situasi dan kondisi.

Ada 3 bagian penting dalam musik yang menjadi faktor penyebabnya yaitu beat, ritme, dan harmony. Beat mempengaruhi tubuh, Ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan Harmony mempengaruhi roh. (Sumber : http://prindotwo.blogspot.com/2008/03/definisi-musik.html)

Tidak heran jika kita tiba-tiba seperti otomatis bergoyang kalau mendengar beberapa jenis musik tertentu seperti; R&B, dangdut, disko, reggae dll. Atau bahkan kita bisa tiba-tiba teringat dengan pengalaman sedih atau menyenangkan jika kita mendengarkan musik balada atau pop. Selain itu ada juga musik yang bisa menenangkan dan bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasan kita, seperti musik klasik.

Pengaruh musik biasanya sangat didasari oleh selera, bagi orang yang tidak menyukai musik rock misalnya, ketika musik itu diperdengarkan justru akan menyiksa atau mengganggu. Namun, justru bisa berefek sangat menyenangkan jika memang selera musiknya adalah rock. Meskipun selera sangat mempengaruhi bagaimana efek musik itu sendiri, setidaknya kita semua menyadari bahwa dengan musik, hidup kita jadi lebih berwarna. Masing-masing aliran/genre musik itu mampu memberikan hal baru dan efek yang berbeda-beda bagi kita. Salut untuk orang-orang yang dikarunia bakat menciptakan dan membuat karya-karya dalam musik. Berkat mereka kita semua bisa menikmati berbagai macam musik.

Aliran/genre musik dapat dikategoikan sebagai berikut :
  • Musik Klasik (Mozart, Beethoven, Chopin dll)
  • Musik Rakyat / Musik Tradisional
  • Musik Keagamaan (Gambus, Nasyid, Kasidah, dll)
  • Musik Populer (R&B, Pop, Hiphop, Disko, Balada, Reggae dll)
  • Jazz
  • Blues
  • Country
  • Rock
  • Musik Dunia (Aliran yang bukan termasuk musik populer dan musik klasik, serta mempunyai elemen "etnik")
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Musik

Aliran musik mana yang anda sukai ? It's up to you guys! Warnai hidup kita dengan tidak hanya menikmati musik, tapi juga mencari manfaat positif lain yang lebih berguna. (Bersambung ke bagian kedua.)