Sabtu, 04 April 2009

Belajar Tiada Henti

Kadang kita terlena dengan sekian banyak aktivitas yang harus diselesaikan secara rutin setiap hari. Sehingga, kita pun sering lupa memperhatikan diri sendiri terutama bagaimanakah perkembangan kemampuan pribadi yang sebenarnya sangat menunjang rutinitas dan masa depan kita.
Pada saat seseorang merasa bahwa dirinya sudah puas terhadap apa yang dilakukannya sekarang, maka seringkali terlewat bahwa sesungguhnya ada saja yang "belum ada", "belum tahu", "belum mengerti", "belum bisa" atau bahkan mungkin sudah pernah tapi kita "lupa". Kasihan rasanya jika otak dan seluruh energi kita hanya digunakan saja tanpa diperhatikan bagaimana merawat dan meningkatkan kualitasnya.
Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan "belajar". Supaya otak dan enegi kita tidak hanya terpakai begitu saja, mari kita sama-sama belajar untuk merawat dan selalu menambahkan nilai nya dengan belajar tanpa henti. Belajar untuk :
* Mengetahui hal-hal baru baik yang bersifat wawasan, wacana, ilmu, agama atau pun yang lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca buku, berdiskusi, browsing, mendengarkan ceramah, seminar dll.
* Memperbaiki motivasi hidup sebagai dorongan untuk mencapai tingkat hidup yang lebih baik. Senantiasa berpikir positif dan selalu memupuk harapan/impian akan membuat motivasi hidup kita terus berkembang.
* Memperbaiki dan meningkatkan pola hidup sehat, supaya energi yang terpakai bisa digantikan secara proporsional dan kelak bisa meningkat menjadi energi positif yang jauh lebih baik serta sehat.
* Mengingat kembali atau mempelajari kembali apa nilai-nilai positif dan ilmu yang pernah kita dapatkan supaya otak kita selalu ingat dan tidak mudah "lupa" apalagi naudzubillah sampai mengalami gangguan hilang ingatan.
* Mensyukuri setiap nikmat dan cobaan yang kita alami dengan terus mencari hikmah dari setiap kejadian dalam hidup kita.

Apabila kita menyadari pentingnya pentingnya belajar di setiap detik kehidupan kita, maka setiap kali ada hal baru atau hikmah yang kita temukan akan memunculkan rasa bahagia yang membuat hidup kita lebih sehat dan bermanfaat baik secara fisik maupun mental.