Kamis, 22 Desember 2011

Bayi dengan Dua Kepala Lahir di Brazil

Rio de Janiero – Sebuah peristiwa unik terjadi di Brazil. Seorang ibu bernama Maria de Nazar baru-baru ini telah melahirkan bayi dengan dua kepala dalam keadaan sehat dan selamat. Bayi yang kemudian diberi nama Emanoel dan Jesus, sebagai penghormatan untuk hari Natal yang sebentar lagi tiba, lahir di sebuah rumah sakit yang terletak di Anajas, sebelah utara Brazil.

Maria mengetahui keunikan buah hatinya hanya beberapa saat sebelum bayi itu lahir. Dalam tes dilakukan oleh pihak rumah sakit Emanoel dan Jesus memiliki dua otak dan dua tulang belakang namun berbagi jantung, paru-paru, hati dan panggul.

“Saat dokter melakukan USG mereka menyadari kalau bayi tersebut memiliki dua kepala dan proses persalinan yang normal bisa membahayakan bayi dan ibunya. Operasi caesar memakan waktu hampir satu jam karena bayi dalam posisi duduk. Sungguh suatu hal yang mengejutkan bayi tersebut dalam keadaan sehat. “ujar Claudionor Assis de Vasconcelos, direktur Santa Casa hospital , RS tempat Emanoel dan Jesus lahir seperti yang dilansir dari Daily Mail, Kamis, (22/12/2011).

Keadaan Emanoel dan Jesus yang sehat ini menimbulkan ironi mengenai masa depan bayi tersebut. “Jika kedua otaknya berfungsi, bagaimana kami harus memilih kepala yang harus dipisahkan. Tapi untuk saat ini sendiri kami masih belum memikirkan operasi. Yang kami lakukan saat ini adalah untuk menjaga kesehatan anak ini. “ujar salah satu dokter.

Saat ini Maria dan sang buah hati telah dibawa ke rumah sakti di Belem, Brazil untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Maria sendiri menurut tim dokter yang menanganinya merasa senang dengan kelahiran sang buah hati. Ini adalah untuk kali kedua peristiwa seperti ini terjadi di Brazil, sebelumnya Sueli Ferreira melahirkan bayi dengan dua kepala, namun meninggal beberapa jam kemudian karena salah satu kepala bayi tersebut kekurangan oksigen.

sumber