Kamis, 29 Mei 2008

Residual Income: Kerja Sekali, Dapat Uangnya Berkali-Kali

Rekan-rekan yang sukses dan berbahagia, artikel ini merupakan sesi kedua dari sharing ilmu yang saya dapat dari buku “The Ultimate Money Machine” karya Robert G. Allen. Sebelumnya saya memposting “Tujuh Rahasia Uang”. Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah aliran pendapatan yang luar biasa, namanya “Residual Income”.

Menurut Robert G. Allen, rahasia kesejahteraan bukan pada seseorang yang punya uang lebih banyak, melainkan yang punya lebih banyak kebebasan waktu. Jika aliran pendapatan kita bersifat residual maka kita akan punya lebih banyak waktu untuk dimanfaatkan bagi aktivitas lain yang diinginkan.

Jadi, apa sih sebenarnya 'Residual Income’ itu? Residual income adalah sumber pendapatan yang terus menerus mengalirkan uang pada kita, baik kita sedang ada atau tidak, kita sedang tidur ataupun melek. Tak peduli apa yang sedang kita lakukan, residual income akan terus menghasilkan uang untuk kita.

Sekeras apa pun kerja seorang karyawan dalam satu bulan, dia hanya mendapatkan satu kali bayaran/gaji untuk bulan yang bersangkutan. Jika ingin dapat uang lagi bulan depan maka dia harus bekerja lagi, membanting tulang lagi. Jika tidak bekerja, tidak ada pendapatan, bahkan mungkin dipecat.

Gaji yang diterima oleh seorang karyawan bukanlah residual income, melainkan bersifat linear. Jelas berbeda dengan pendapatan yang residual. Untuk mendapatkan residual income, kita memang harus bekerja keras lebih dulu, setelah itu, hasil kerja keras kita memberikan aliran pendapatan dalam tempo yang lebih lama dan lebih sering. Kita dibayar berkali-kali, bahkan mungkin ratusan kali untuk satu pekerjaan yang kita lakukan. Duh, senangnya… :D

Contoh residual income yang mungkin familiar di telinga kita adalah royalti dari penulis buku, pencipta lagu, ataupun seorang penemu yang hasil temuannya dipasarkan oleh perusahaan bisnis. Kita bisa lihat Robert G. Allen (penulis buku “The Ultimate Money Machine” ini) memiliki pendapatan milyaran rupiah hanya dari royalti bukunya yang berjudul “Nothing Down: How to Buy Real Estate with Little or No Money Down”. Dia telah merasakan manisnya residual income hingga saat ini.

Tentunya tidak hanya dari royalti kita bisa mendapatkan aliran uang yang bersifat residual. Ada 4 cara menuju kebebasan finansial yang dapat menghasilkan residual income, yaitu:

o Bisnis: Network Marketing, Infopreneur, dan Lisensi
o Internet
o Real Estate (Properti)
o Investasi: Saham, obligasi, deposito, emas