Minggu, 14 Desember 2008

Playgroup, Trend atau Kebutuhan ?


Playgroup sekarang ini banyak sekali kita lihat di sekeliling kita. Namun, sebagai orang tua yang bijak apakah kita berminat untuk mendaftarkan buah hati kita karena trend menjamurnya playgroup dengan biaya yang mahal ataukah karena kita merasa bahwa playgroup memang sangat penting bagi perkembangan balita.
Usia dini (2 - 4 tahun) merupakan masa emas perkembangan otak balita, sehingga pada masa ini anak membutuhkan banyak stimulasi yang bisa mendukung tumbuh kembangnya. Daerah perkotaan dengan mayoritas penduduknya adalah pendatang dengan ibu yang bekerja membuat peran keberadaan playgroup sangat dibutuhkan agar anak memperoleh tempat sosialisasi serta stimulasi-stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya meskipun tanpa didampingi langsung oleh orang tua.
Jika kita mengamati playgroup yang ada, sekarang ini banyak terdapat playgroup dengan biaya yang mahal dan prestisius. Memang idealnya sebuah playgroup harus mampu memberikan yang terbaik bagi anak kita. Akan tetapi kita harus cermat memperhatikan apakah playgroup yang akan kita pilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Bukan hanya karena playgroup nya mahal dan prestius sehingga kita termasuk orang tua yang mengikuti trend, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita bisa memilih playgroup yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak pada masa tumbuh kembangnya.
Perkembangan penting pada masa ini yang perlu kita utamakan adalah kemampuan motorik kasar, keterampilan bahasa dan sosialisasi. Sehingga jika kita ingin mendapatkan playgroup yang sesuai, maka ketiga hal ini setidaknya bisa kita peroleh.