Kamis, 05 Februari 2009

Homeschooling Membuat Azmi Semakin Aktif


Sejak menjalani homeschooling, azmi semakin meningkat rasa ingin tahu nya. Ia lebih kritis dan aktif. Setiap kali mempelajari satu obyek, ia tidak puas dengan hanya penjelasan yang saya berikan. Azmi selalu bertanya kenapa begini dan kenapa begitu. Alhamdulillah...sebagai ibu saya bersyukur dengan segala rasa ingin tahu nya. Saya pun semakin termotivasi untuk menjelaskan banyak hal sesuai yang dia inginkan dan tentu saja menggunakan bahasa yang bisa ia mengerti.
Mungkin bagi sebagian ibu atau ayah yang homeschooler juga merasakan hal yang sama dengan saya. Sebaiknya kita lebih aktif dan banyak memberikan materi-materi yang mungkin tidak hanya sesuai dengan panduan pelajaran yang sudah kita rancang, namun lebih bersifat customize atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak saat itu.
Saat ini azmi lebih senang membuat craft dan origami, jujur saya tidak mahir dalam membuatnya...tapi saya punya keyakinan bahwa setiap orang tua punya keinginan yang kuat untuk membantu anak nya lebih maju, termasuk saya. Akhirnya saya pun mencari di internet dan alhamdulillah kesulitan itu pun teratasi. Materi-materi yang seharusnya diberikan dengan membaca dan menulis juga saya rubah dalam bentuk craft dan origami, sesuai dengan apa yang sedang ia sukai. Dengan begitu, semuanya bisa berjalan, baik program pengajaran maupun minat anak pada saat itu.
Sebenarnya tidak ada yang sulit di dunia ini jika kita mau dan bersedia meluangkan waktu untuk mencapainya. Semoga hari esok lebih baik dari hari ini.