Kamis, 12 Februari 2009

Manajemen Uang Buat Si Kecil

Seringkali anak-anak meminta mainan baru atau barang-barang lainnya seperti baju, asesoris, snack dll kepada orang tuanya. Mereka tidak menyadari bahwa setiap kali beli mainan baru dibutuhkan pengorbanan berupa uang. Apabila kita terus memenuhi permintaanya sesungguhnya hanya akan membuat dia jadi konsumtif dan tidak belajar mengerti bagaimana kondisi di sekitarnya.

Akan lebih bijaksana jika kita mendidik mereka untuk berhemat sejak dini, meskipun kita sebagai orang tua mampu memenuhi permintaannya. Ada beberapa cara mengajak anak untuk belajar mengatur kebutuhannya yang berkaitan dengan uang, yaitu :
1. Ajaklah anak belajar menabung sedini mungkin, bisa diawali sejak umur 2,5-3 tahun.
2. Berilah pengertian jika anak terlalu sering minta dibelikan sesuatu. Ajaklah menabung terlebih dulu sesuai dengan jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli barang tersebut. Alihkan perhatiannya ke hal-hal yang menarik jika sedang berada di tempat umum.
3. Sesekali ajak dia menentukan pilihan jika apa yang dia inginkan lebih dari satu hal, agar ia belajar membuat prioritas sehingga tidak membeli semua yang diinginkan sekaligus.
4. Berilah dongeng yang menarik tentang filosofi berhemat dengan tokoh-tokoh yang ia sukai, agar ia termotivasi untuk berhemat.
5. Ajaklah ia bersodaqoh sejak dini. Berilah pengertian akan pentingnya berbagi dengan sesama agar terasah empatinya.
6. Ketika ia menanyakan kapan Sang Ayah pulang kerja, kita bisa menyisipkan dongeng sederhana tentang kegiatan Ayah nya selama bekerja mencari uang untuk nya dan untuk berbagai kebutuhan. Dengan begitu ia akan terarahkan untuk memahami bahwa mencari uang tidaklah mudah dan mengetahui bahwa uang sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan bukan hanya untuk beli barang-barang yang ia inginkan.
7. Jadilah tauladan berhemat untuk si kecil. Anak akan mencontoh perilaku orang-orang terdekatnya, terutama orang tua.

Semoga di jaman yang semakin maju ini kita bisa membantu buah hati kita menjadi insan yang bijak dalam menjalani kehidupan nya kelak dengan bersikap cerdas dalam menggunakan uang.