Minggu, 11 September 2011

Film-film Bertema Anak Indigo

      Anak Indigo, dengan kepribadian dan kehidupannya yang unik, menarik untuk dijadikan tema cerita film. Dengan mengangkat misteri dunia supranatural dan kemampuan khusus anak Indigo, film ini bukan hanya menjadi penghibur bagi para penyuka misteri dan mistik, tapi juga menjadi sarana belajar bagaimana memahami anak Indigo dengan serba-serbi kepribadiannya.
      Banyak orang terjebak dengan kemampuan supranatural yang dimiliki oleh anak-anak Indigo, sehingga menganggap ajaib, atau sebaliknya, memandang remeh mereka karena ketidakpercayaan mereka akan hal mistis. Padahal anak Indigo adalah manusia juga, yang memerlukan penerimaan dan pengertian manusia lainnya.
      Dalam film-film berikut ini, dikisahkan sisi manusiawi anak-anak Indigo – di samping kemampuan khusus mereka – agar kita bisa memberikan penilaian yang adil. Untuk film Indigo (2003) dan The Sixth Sense (1999) sudah hadir di Indonesia dalam bentuk rekaman VCD atau DVD, dan sebagian lainnya bisa diunduh di internet.

1. Indigo (2003)
Sutradara: Stephen Deutsch, Penulis: James Twyman, Neale Donald Walsch (writer), Aktor/Aktris : Dane Bowman, Blu V. Do, Lynette Louise, dll.
Indigo adalah film tentang kesendirian, penebusan, dan kekuatan penyembuhan dan kasih dari generasi baru anak-anak Indigo (kekuatan batin dan anugerah) yang terlahir ke dunia.  Meskipun cerita ini fiksi, emosi-emosi dan aksi-aksi dari film ini sesuai dengan dinamika spiritual saat ini.  Inti yang dramatis dari film ini adalah hubungan yang berkembang antara seorang laki-laki yang hidup dengan keluarganya, yang sudah dihancurkan karena sebuah kekeliruan yang bisa membahayakan cucu perempuan 10 tahunnya yang harus dilarikannya untuk menghindari para penculik.  Selama perjalanan itu, dia menemukan kekuatan tersembunyi dari cucu perempuannya yang selamanya dapat mengubah hidup setiap orang yang ditemuinya.

2. The Indigo Evolution (2005)
Produser Eksekutif: Stephen Simon
Sutradara: James Twyman & Ken Romney

Lebih dari 400 gedung bioskop di seluruh dunia memutar film dokumenter “Indigo Evolution”, dengan respon luar biasa.  Bukan hanya eksplorasi paling lengkap mengenai anak Indigo, tapi juga merupakan deklarasi mendalam dari era baru kemanusiaan.

3. 2012 The Odyssey (2006)
Sutradara: Sharon Rose, Aktor/Aktris: Jose Arguelles, Gregt Braden, Rick Levine, dll.

Sebuah pendokumentasian yang sangat mendalam oleh Sharron Rose yang mengintegrasikan seluruh aspek pengetahuannya tentang "Peristiwa Bumi 2012" ke dalam sebuah film yang brilian berisi fitur beberapa tokoh besar yang berbicara dari hati mereka tentang apa yang telah mereka temukan, penafsiran-penafsiran jujur akan makna tahun 2012.  Anda akan melihat bagaimana prediksi sesuai dengan bukti-bukti astronomi dari kesatuan galaksi yang bersejarah dari Matahari dengan pusat Bima Sakti.  Suku Indian Mayan sangat unggul dalam perhitungan waktu dan mereka meninggalkan kepada kita sebuah penanggalan ajaib yang akurat dalam jangka waktu lama, yang memberikan kepada kita suatu pandangan sekilas akan masa depan dan perubahan besar yang akan datang bersamaan dengan akhir darinya pada 21 Desember 2012.

4. Premonition, Convergence The Movie (1999)
Sutradara: Gavin Wilding, Aktor/Aktris: Christopher Llyod, Cynthia Preston, Adrian Paul, dll

Alur cerita dari triler supranatural berdana murah ini berhubungan dengan beberapa wartawan yang sedang mengadakan kunjungan pada sebuah rumah sakit jiwa lokal, di mana seorang pasien ditemukan memiliki kemampuan untuk meramalkan jam kematian dan meramal salah seorang wartawan yang akan menemui ajal tiga hari kemudian.  Ketika batas waktu sudah dekat, si wartawan mulai mengalami perilaku aneh seperti berada dekat dengan kematian.

5. The Sixth Sense (1999)
Sutradara: M. Night Shyamalan, Aktor/Aktris: Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette
Seorang psikolog anak bernama Malcolm Crowe (Bruce Willis) pada suatu malam ditemui oleh bekas pasiennya, Vincent Gray yang gagal ditolongnya.  Setelah Vincent menembak Crowe di perut dan membunuh dirinya sendiri, Crowe tak bisa berhenti memkirkan hal itu.  Beberapa bulan kemudian ia dibayar untuk membantu seorang anak laki-laki bermasalah, Cole Sear (Haley J. Osment), yang mempunyai banyak permasalahan seperti halnya Vincent.  Crowe melihat kesempatan untuk menebus kesalahan, tetapi dia meragukan kemampuannya untuk mengatasi anak laki-laki itu, terutama sekali ketika Cole mengaku bisa melihat hantu-hantu yang tidak mengetahui bahwa diri mereka sudah mati.

6. Walking Between Worlds, Belonging to None : The Ann Andrew Story (2008)
Sutradara/Aktor: Steve Mitchell

Awal cerita adalah Ann Andrews, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Inggris dengan pengalaman unik untuk berbagi tentang hidupnya dengan putranya, Jason.  Jason memiliki kemampuan multi-dimensional sebagai pembawaan sejak lahir yang disebut “Anak Indigo” dikarenakan Jason bukan hanya seorang yang pernah diculik, tapi karena dia adalah makhluk asing (extraterrestrial) sebenarnya.  Jason menjelaskan, “Secara teknis kita semua adalah Extraterrestrial, sebab tidak ada di antara kamu yang ‘datang’ dari sini.” Setelah tahun-tahun yang penuh ketidakpastian, Jason mengalami kemajuan dari sudut pandang penuh ketakutan dan teror kepada satu titik di masa remajanya ketika dia mulai bisa menerima ajaran “mereka” dan mengakui jati dirinya – satu dari banyak anak Indigo atau anak-anak bintang di muka Bumi ini membantu umat manusia untuk meningkat ke tahap evolusi berikutnya.  Jason berkata dia datang ke planet kita dengan dua tujuan: “Aku ingin mengalami bagaimana menjadi manusia, dan sebagai seorang manusia aku akan berada pada posisi yang lebih baik untuk membantu sebagian kamu yang tersisa ketika waktunya tiba.” Sejak itu Jason telah “dibangkitkan” ke bentuk aslinya, dia menerima interaksi mereka dan bekerjasama dengan ET.  Dia mengembangkan kekuatan batin dengan kemampuan menyembuhkan yang mengagumkan.

      Film lainnya mengenai anak-anak Indigo dengan kemampuan gaibnya, seperti Knowing (2009), lebih menekankan kepada kekuatannya yang tersembunyi. Sedangkan film Whisper (2007) dan Omen (1976, 2006) merupakan film horor mistik, yang sedikit banyak mendiskreditkan anak-anak berkemampuan supranatural sebagai anak setan dan jahat, padahal dalam kenyataannya, anak setan itu tidak pernah ada (secara biologis tidak mungkin terjadi fertilisasi antara manusia dengan setan).


Artikel dibuat oleh Anwariansyah di Wikimu (judul artikel Film-film Bertema Anak Indigo, Sabtu, 17-10-2009 14:21:09)