Sabtu, 12 Desember 2009

Mengembangkan Diri


Beberapa tips lagi...

Kali ini saya ingin memberikan beberapa tips mengenai bagaimana mengembangkan diri.

Saya umpamakan bagaikan air yang mengalir apabila kita tidak mengontrol kehendak kita kita hanya akan menjadi air yang mengalir tanpa tujuan, maka kembangkanlah dirimu untuk menjadi lebih baik dan mencapai tujuan yang anda inginkan(Bayangkan air yang memiliki kehendak)

Tips-tips untuk mengembangkan diri antara lain:

1.Bayangkan seperti apakah anda di dunia yang sempurna. Bagaimana anda bisa mencapai hal tersebut dan mengapa berbeda dengan keadaan anda sekarang?

2.Menentukan apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang tidak. Identifikasi aset Anda (jujur, pekerja keras, penuh cinta ... dll) dan kewajiban anda (marah, malas ... dll) Hal ini paling baik dilakukan dengan percaya diri yang terpercaya, orang yang dicintai, terapis, seorang pemimpin agama atau bahkan "Sponsor" dalam kelompok langkah 12. Juga, kita kadang-kadang memiliki masalah yang entah terlalu keras atau terlalu lunak terhadap diri kita sendiri. Kita membutuhkan gambaran yang akurat tentang diri kita sendiri jika kita ingin memperbaiki diri.

3. Mencari informasi tentang bagaimana untuk mengejar perubahan itu. Informasi dapat dikumpulkan dari buku-buku, artikel, teman, keluarga, dan profesional.

4. Pilih saran yang dapat anda terapkan untuk diri sendiri dan praktikkan saran tersebut. Jika diatur tertentu tampaknya tidak bekerja, coba lagi! Tidak ada yang bekerja untuk semua orang. Anda harus menemukan apa yang bekerja untuk anda!

5. Latihan, latihan, latihan! Perubahan datang perlahan-lahan bagi kebanyakan orang dan dapat menjadi sangat tidak nyaman. Hanya terus sampai perubahan menjadi realitas baru anda (yang mengubah anda).

6. Tulus untuk lebih memperbaiki diri sendiri. Jika anda melakukan perbuatan baik (bahkan jika itu berkisar dari hal-hal sederhana seperti memberi seseorang senyuman atau membantu ibu anda) dengan hati yang tulus, semua yang anda lakukan secara otomatis akan menjadi lebih mudah dan anda akan memiliki kebahagiaan sejati dalam hidup anda. (Melakukan perbuatan yang baik tidak berarti anda harus mengharapkan imbalan apa pun)

7. Percayalah pada diri sendiri! Kenali kekuatan anda, bahkan jika anda harus mendaftarnya. "Anda" harus menjadi teman terbaik anda sendiri, apabila berhasil maka mungkin anda dapat menjadi teman yang baik atau kekasih bagi orang lain.