Sabtu, 12 Desember 2009

Merencanakan Masa Depan


Kebanyakan manusia sering sekali membicarakan tentang masa depan. Namun terkadang manusia hanya merumuskannya dalam pikiran dan juga tidak secara mendetail. Maka dari itu dalam posting ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk merencanakan masa depan dengan efektif dan efisien.

Langkah-langkah yang anda perlukan antara lain:

1. Pergilah ke tempat yang tenang dan pastikan tidak ada orang yang akan mengganggu anda dan mulailah untuk fokus dan mengosongkan pikiran.

2. Mulailah melihat/memikirkan hidup anda secara menyeluruh atau secara garis besar, seperti pada usia 33 tahun saya ingin menjadi seorang profesor, atau mungkin di masa depan saya ingin memiliki 3 buah mobil lamborghini, dan lain-lain.

3. Tuliskan rencana tersebut secara mendetail seperti kapan anda akan mencapainya, bagaimana anda meraihnya, mengapa anda menginginkan hal tersebut, dan banyak pertanyaan yang dapat menjadikan rencana anda semakin detail.("Banyak orang yang mempunyai impian, 97% menyimpannya dalam angan-angan, 3% menuliskannya secara rinci. Itulah mengapa jumlah orang sukses di dunia hanya 3%" - Rockefeller -

4. Susunlah rencana yang sudah tertulis menjadi sebuah alur untuk mencapai setiap sasaran, hingga ke tujuan yang paling akhir.

5. Mulailah mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari, untuk memulai rute perjalanan hidup yang telah anda rencanakan.

6. Cobalah untuk menyimpan 20% dari pendapatan bulanan anda untuk kebutuhan yang anda rencanakan secara berkala.

7. Optimis! Jangan mudah putus asa dalam meraih apa yang anda inginkan.

Yale University meneliti, alumni yang menuliskan impiannya, setelah 20 tahun mempunyai kekayaan rata-rata 3 kali lebih banyak daripada yang tidak menuliskannya.