Jumat, 11 November 2011

Fenomena Tanggal 11/11/11


Hari ini di mana-mana orang membahas tentang 11 November 2011, alias 11/11/11. Menjadi "Berita Populer" di Facebook, "Trending Topic" di Twitter, sampe acara "Talkshow" dan berita di TV membahas tentang ini. Sebenarnya ada apa dengan tanggal hari ini? mengapa orang sangat menyukai angka, yang konon kata nya membawa keberuntungan ini?. Saya berpikir-pikir tentang hal ini. Dan tiba-tiba saya teringat dengan Numerologi. (Numerologi adalah ilmu yang mempelajari angka, dari angka 1 sampai 9).

Sedikit penjelasan tentang Numerologi, Numerologi adalah ilmu yang mempelajari arti angka-angka dan pengaruhnya terhadap diri kita. Hal ini didasarkan pada kepercayaan bahwa tanggal dan nama yang diberikan sewaktu kita lahir akan mempengaruhi kepribadian kita serta hal-hal yang akan terjadi dikemudian hari sepanjang hidup kita. Numerologi merupakan tradisi leluhur yang terus digunakan pada peradaban yang lebih maju sampai sekarang. Terdapat bukti yang menyatakan bahwa numerologi digunakan ribuan tahun lalu di China, Yunani, Roma dan Mesir jauh sebelum masa Pythagoras, yang secara umum ditetapkan sebagai 'bapak' numerologi. Pada masa awal pengajaran numerologi, banyak dilakukan hanya dengan cara lisan. Hal ini disebabkan oleh informasi yang didapat, dianggap sangat berguna dan keramat. Numerologi ini terbagi menjadi dua. Numerologi yang pertama menggunakan nama sebagai input, dan yang kedua menggunakan tanggal sebagai input. Dalam kasus tanggal hari ini, Numerologi yang digunakan adalah menggunakan tanggal.


Orang banyak yang percaya bahwa hari ini adalah hari yang baik menurut Numerologi. Namun kenyataannya adalah bahwa sebenarnya numerologi itu bersifat netral, alias tidak dapat menentukan hari ini baik atau tidak. Karena numerologi hanya bersifat menjelaskan saja, tidak menentukan. Suatu hari ditentukan baik atau tidak itu bersifat relative. Bagi mereka yang mengalami kebaikan pada hari itu, maka dia akan menyatakan bahwa hari tersebut adalah hari yang baik. Begitupun sebaliknya, jika dia mengalami keburukan, maka dia akan mengatakan bahwa hari tersebut adalah hari yang buruk.

Fenomena 11/11/11 berdampak pada peningkatan jumlah pernikahan yang terdaftar di KUA untuk menikah hari ini. Di salah satu KUA di Jakarta saja terdaftar lebih dari 50 pendaftar untuk menikah hari ini. Meningkatnya jumlah pernikahan ini juga didukung dengan pada tanggal 11/11/11 itu bertepatan dengan hari jum'at, yang menurut orang yang beragama islam, hari jum'at adalah hari yang baik. Ditambah lagi angka 11/11/11 adalah angka yang cantik sehingga membuat orang tertarik untuk menikah, atau untuk melakukan momen-momen penting lainnya, dengan alasan angka tersebut mudah diingat.

Namun bagaimanapun juga, meskipun tanggal tersebut sangat cantik, tetap saja setiap hari adalah hari yang baik. Tergantung dari kita bagaimana cara kita memanfaatkan hari tersebut agar menjadi hari yang baik. Jangan hanya menunggu tanggal yang baik untuk melakukan kebaikan. Lakukanlah hal terbaik yang dapat kau lakukan, jangan sampai tertunda karena menunggu sesuatu yang sebenarnya dapat kita usahakan.