Selasa, 01 November 2011

Jadilah Sukses (Bagian 1)

Siapa sih yang tidak ingin sukses? Semua orang pasti bermimpi untuk menjadi orang yang sukses. Berbagai cara telah ditempuh orang untuk mencapai kesuksesan. Baik itu cara yang benar, maupun salah. Yang penting menurut mereka, mereka haruslah sukses dan kaya. Tapi pernahkah kalian berfikir "apakah sebenarnya kesuksesan itu?".
    Terkadang banyak orang salah mendefinisikan kesuksesan itu dengan menjadi 'orang kaya'. Padahal sebenarnya menjadi sukses itu bukan hanya sekedar tentang menjadi orang kaya. Namun lebih dari itu, Kesuksesan adalah kondisi di mana seseorang telah mencapai apa yang selalu diinginkannya, diimpikannya, atau diharapkannya, baik itu dari segi materi maupun dari segi psikologis-nya.
        Ada orang yang seumur hidupnya didedikasikan untuk mencari uang. Namun juga ada orang yang mencari kebahagiaan tanpa harus mempedulikan penghasilannya. Tapi sebenarnya kesuksesan adalah sesuatu kondisi di mana seseorang tersebut telah mencapai titik di mana dia telah merasa mendapatkan apa yang sangat diinginkannya, sangat didambakannya, sehingga dia merasa sangat bahagia telah mencapai-nya.


Mengenal dan Memahami Tujuan Anda 
         Tujuan, atau yang sering disebut dengan cita-cita, terkadang memang sulit dipahami. Bahkan setelah dia menjadi orang yang sukses menurut masyarakat, atau bisa disebut orang yang kaya. Banyak orang yang tetap tidak merasa bahagia meskipun ia telah menjadi orang kaya. Hal itu terjadi karena dia tidak memahami apa sebenarnya yang dia inginkan. Dia menganggap bahwa dengan menjadi orang kaya bisa membuat nya menjadi bahagia dengan bisa membeli segala yang diinginkannya. Padahal tidak begitu. Kita semua tahu, bahwa tidak semua hal bisa dibeli dengan uang.
         Lantas harus bagaimana?. Yah yang harus kita lakukan, yang pertama adalah memahami, mengenal, dan meyakini apa sebenarnya yang kita inginkan. Apapun itu, itulah tujuan hidup anda. Meskipun anda ingin menjadi tukang becak sekalipun, asalkan anda mempunyai alasan yang cukup kuat untuk menjadikan itu sebagai tujuan hidup anda, itu tidak masalah. Karena kesuksesan itu tidak tergantung seberapa besar materi yang kita dapat.
         Untuk menuju ke sebuah tempat wisata yang belum pernah kita datangi sebelumnya, kita harus terlebih dahulu mengetahui seperti apa tempat wisata yang kita tuju tersebut. Untuk mengetahuinya kita bisa mencari tahu dari teman-teman kita yang sudah pernah mendatanginya. Atau kita bisa mencari informasi nya di internet. Hal itu bertujuan agar kita tidak menyesal setelah datang ke sana.
         Seperti hal nya ilustrasi di atas, sebelum kita melakukan perjalanan menuju kesuksesan, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang sedang kita tuju, atau apa yang sebenarnya ingin kita capai tersebut. Karena dengan memahami apa yang sedang kita tuju, jika ternyata yang sedang kita tuju tersebut merupakan tempat yang sangat anda impikan, tentunya akan menambah semangat anda untuk mencapainya.
         Orang bilang "Tak kenal, maka tak sayang". Hal tersebut juga berlaku untuk cita-cita atau tujuan anda. Jika anda tidak memahami apa tujuan anda, anda tentunya tidak akan mengejar cita-cita anda denan sungguh-sungguh. Karena hal tersebut akan berimbas pada saat anda sedang berada di dalam proses pencapaian cita-cita anda tersebut. Jika anda tidak memahami dengan pasti apa yang anda cita-citakan, maka anda juga tentunya tidak akan mengenali dengan pasti apa yang sedang anda lakukan. Dan jika anda tidak mengenali dengan pasti apa yang sedang anda lakukan, maka anda tidak akan tahu ke mana arah yang harus anda tuju.
         Jadi, pahamilah dan kenalilah apa yang anda inginkan, apa yang anda cita-cita kan. Bercita-cita untuk mencapai kesuksesan tidak sama dengan kita bercita-cita saat kecil, yang cita-cita nya hanya keluar dari mulut nya saja. Bercita-cita untuk mencapai kesuksesan, atau yang saya sebut dengan Target Hidup, adalah adalah sesuatu yang berhubungan dengan tujuan hidup anda. Dengan memahami apa Target Hidup anda sebagai langkah awal untuk mencapai kesuksesan, secara tidak langsung akan menuntun anda untuk menjalani proses pencapaian kesuksesan.
          Untuk memahaminya anda bisa bertanya atau membaca cerita kesuksesan seseorang, dan mencari tahu bagaimana keadaan saat berada di kesuksesan tersebut. Dengan melakukan hal tersebut akan menambah semangat dan keseriusan anda utuk mencapai Target Hidup anda tersebut.

Menpersiapkan Diri
         Setalah memahami apa yang menjadi Target Hidup anda, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah, mempersiapkan diri anda untuk menghadapi segala halangan dan rintangan dalam proses pencapaian kesuksesan anda. Hal tersebut harus anda lakukan karena jika anda tidak siap dalam menghadapi halangan dan rintangan tersebut, maka perjalanan untuk mencapai kesuksesan akan terhenti, bahkan sampai terhenti selamanya.
         Halangan dan rintangan tersebut adalah Kegagalan. Kegagalan adalah hambatan terbesar seseorang dalam proses pencapaian kesuksesannya. Karena banyak orang yang tidak menyukai kegagalan. Hal tersebut bisa dikarenakan dia adalah tipe orang yang tidak pernah gagal, atau bisa juga orang yang terlalu sering mengalami kegagalan sehingga dia takut untuk gagal lagi.
         Mempersiapkan diri untuk mengahadapi kegagalan menjadi sangat penting. Karena jika anda tidak siap dalam menghadapi kegagalan, niscaya, anda tidak akan pernah sampai kepada Target Hidup anda. Oleh karena itu, persiapkan diri anda dengan memahami apa saja resiko yang akan anda alami dan hal-hal apa saja yang dapat membuat anda mengalami kegagalan.
         Belajarlah dari orang-orang yang pernah mengalami kegagalan dalam pencapaian tujuan yang sama dengan anda. Dengan belajar dari orang telah mengalami kegagalan, selain membantu anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh anda lakukan, juga dapat mempersingkat waktu anda karena anda tidak harus mengalami kegagalan yang pernah dia lakukan.
          Setelah anda mempersiapkan diri untuk menghadapi kegagalan, ada satu hal yang harus anda pahami jika suatu saat anda mengalami kegagalan. Kegagalan adalah resiko yang harus anda bayar untuk mendapatkan kesuksesan. Jika anda bisa melalui dan mengalahkan kegagalan anda tersebut, dan mampu bangkit dari keterpurukan, nisaya jalan anda dalam mencapai kesuksesan akan semakin mudah.
          Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Karena tidak ada manusia yang sempurna yang dapat menghindari setiap kegagalan.

Bersambung. . .