Sabtu, 28 April 2012

Yang harus diperhatikan Blogger

Sebagai blogger kita harus memperhatikan etika atau tata cara dalam ber-blogging ria.terkadang hal yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut orang lain. apa lagi kita seorang blogger yang sangat bergantung pada pembaca yang berkunjung ke blog kita. hal berikut adalah yang saya sarankan bukan paksaan dan pelarang yang menbatasi anda untuk berkreativitas. Hal itu adalah :







  • Huruf Yang Terlalu Kecil
40% manusia berumur 21 tahun ka atas memiliki masalah penglihatan ringan. Jika para pembaca ini diwajibkan untuk menyepitkan mata agar bisa membaca font blog anda yang terlalu kecil, kecenderungannya mereka hanya akan mencari tombol ‘X’.

  • Animasi Gif dan Flash
Mungkin kita tidak bisa berbuat apa-apa dengan iklan-iklan beranimasi dari program PPC yang terinstal di blog kita. Tapi tidak berarti anda harus menambahkannya dengan animasi buatan anda sendiri! Ini hanya akan memberatkan akses pengunjung ke blog anda, terlebih karena koneksi internet Indonesia kecepatannya seperti kura-kura hamil besar yang pincang.
Jika anda berpikir animasi situs itu keren, mungkin hanya anda saja yang berpikir begitu. Karena status ‘kekerenan’ animasi sudah berakhir dipenghujung tahun 90-an. Jadi, cukup mainkan animasi anda di My Space, tempat dimana animasi seharusnya berada.

  • Pengejaan Yang Salah
Ketika pengunjung datang untuk membaca tulisan anda, itu berarti mereka ‘percaya’ ada hal berguna yang bisa mereka dapatkan dari tulisan si penulis. Lalu seberapa besar kemungkinan mereka akan percaya kepada penulis dengan kesalahan pengejaan seperti ‘Bukang‘, Makang‘, atau ‘Menyebran?
Kesalahan eja yang minim alias okkots kadang masih bisa dimengerti. Tapi hal ini juga bisa menjatuhkan kredibilitas seorang blogger. Solusinya, baca artikel anda terlebih dulu sebelum mempublish.
Satu hal yang perlu diingat! Anda tidak membuat blog untuk diri anda sendiri.  Peruntukkan blog anda kepada orang lain, maka dari itu carilah apa yang orang lain suka, bukan yang anda sendiri suka. Karena jika blog tersebut hanya dibuat untuk anda, maka namanya bukan Blog, tapi Diary.

  • Auto Music
Saya tidak pernah bisa menemukan alasan untuk memasang pemutar musik otomatis pada blog-blog saya, kecuali untuk membuat jengkel para pengunjung. Jika anda masih memasang musik otomatis pada blog anda, mungkin anda belum menyadari satu hal ini: “Bahwa semua sistem operasi komputer dimuka bumi sudah dilengkapi dengan program pemutar MP3!”
Jadi tidak ada alasan bagi para pembaca untuk datang ke blog anda sekedar untuk mendengar musik yang anda sukai. Solusinya, anda bisa pasang saja playlist musik pada blog anda. Jadi para pengunjung bisa memilih dan memutar lagu sendiri dengan sukarela dan tanpa paksaan.