Sabtu, 29 September 2012

Beberapa Film Yang Baik Untuk Memotivasi Kepercayaan Diri Anak

           Seringkali tontonan di televisi kurang baik dilihat oleh anak-anak kita. Sehingga kita sebagai orang tua harus lebih selektif dan bijaksana dalam mengarahkan dan berkompromi dengan keinginan buah hati kita. Mengapa harus berkompromi ? Hal ini karena anak sulit memahami apa yang baik dan tidak baik bagi dirinya. Semua akan lebih mudah apabila kita berkompromi dengannya. Mendengarkan terlebih dahulu apa yang mereka inginkan kemudian kita jelaskan sisi buruknya, setelah itu baru kita berikan pilihan yang lebih baik.
         Ketidakpercayaan diri seringkali dialami baik oleh anak-anak maupun orang dewasa dan bahkan lansia. Film sebagai media visual mampu memberikan masukan dan pengaruh yang kuat bagi penontonnya. Berdasarkan pengalaman dan analisa secara psikologis yang saya lakukan, berikut ini beberapa film yang bisa ditonton anak-anak untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

**Film Luar Negeri**
  • I am Sam


             Ini adalah salah satu film favorit saya dan meskipun berkali-kali menontonnya...saya tetap saja menangis mengikuti ceritanya. Film ini mengisahkan tentang seorang laki-laki yang mengalami keterbelakangan mental dan memiliki seorang bayi mungil yang ditinggal pergi oleh istrinya tidak lama setelah anak mereka dilahirkan. Namun meskipun ia memiliki kekurangan dan pemerintahnya melarang seorang ayah yang mengalami keterbelakangan mental merawat anaknya sendiri, Sam nama laki-laki itu...bersikeras ingin merawat, mengash dan mendidik anaknya sendiri. Bahkan ia sampai meminta bantuan seorang pengacara untuk memperjuangkan keinginannya. Banyak sisi humanis yang membangkitkan kepercayaan diri penonton film ini.
             Sam memiliki anak perempuan yang sangat cantik dan jenius. Anak ini sempat mengalami ketidakpercayaan diri karena memiliki ayah yang terbelakang mentalnya. Namun akhirnya kasih sayang diantara ayah dan anak ini membuat mereka bisa bangkit dan percaya diri menjalani kenyataan dalam hidupnya. Film ini sangat menyentuh dan bagus ditonton oleh keluarga.
     
  • Thunder Pants
           
        Film ini menceritakan seorang anak yang terlahir dengan dua perut sehingga dia mudah lapar dan sering buang angin. Kekurangannya ini membuat ia tidak percaya diri dan semakin gemuk. Namun, ia memiliki seorang sahabat yang sangat pandai dan setia kawan. Hubungan pertemanannya ini membuat si jenius terinspirasi untuk membantu sahabatnya yang kurang percaya diri menjadi seorang pahlawan baru. Bagaimana kisah lanjutannya ? Silahkan mencari film ini untuk dilihat oleh buah hati anda...:)


**Film Indonesia**
  • Laskar Pelangi
 


           Film ini tentnya tidak asing di telinga kita. Banyak yang terinspirasi oleh film ini dan menjadi referensi beberapa sekolah untuk studi film. Tokoh-tokoh utamanya adalah anak-anak dari daerah Belitung yang begitu tinggi keinginannya untuk bisa sekolah. Meskipun mereka kurang mampu secara finansial dan sekolahnya pun sederhana, tapi mereka tetap percaya diri meraih mimpi-mimpinya.
  • Garuda Di Dadaku

             



         Nasionalisme juga salah satu pendorong semangat ntuk meningkatkan rasa percaya diri dalam mencapai keinginan. Film ini merupakan salah satu contoh film yang baik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Konflik yang dimunculkan baik dari keluarga tokoh utama yang bernama Bayu, maupun dengan sahabatnya yang menggunakan kursi roda membuat film ini kaya makna. Akan lebih baik jika film ini ditonton oleh orang tua bersama anak-anaknya. Sehingga bisa tercipta diskusi maupun pendampingan dengan penjelasan yang lebih mendalam dari orang tua kepada buah hatinya.


             Selamat mencoba ya....segala sesuatu jika dilakukan dari hati akan baik hasilnya. Film adalah salah satu media visual yang bisa kita gunakan untuk melatih anak-anak kita melakukan segala sesuatu dengan hati....agar saat mereka terjatuh atau terpuruk, kelak mereka akan segera bangkit dengan oenuh percaya diri untuk meraih masa depan yang lebih baik.