Rabu, 10 Februari 2010

Definisi, Tanda dan Gejala Sifilis

Dari Kumpulan Leaflet:
Pengertian
Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh treponema pallidum sangat kronis dan sejak semula bersifat sistemik dan dapat menyerang hampir semua organ tubuh.

Penyebab
Sifilis disebabkan oleh :
Treponema Pallidum
Tanda dan Gejala
- Stadium I: terdapat ulkus atau erosi bentuk bulat atau bulat lonjong, tepi landai, bersih, kulit sekitarnya tidak meradang, relatif tidak nyeri dan teraba keras.
- Stadium II: muncul 6-8 minggu sesudah infeksi, lebih banyak sebagai kelainan kulit berupa macula, papul berwarna merah tembaga, kadang - kadang terdapat pustul. Lesi terutama terdapat pada badan, telapak tangan, telapak kaki dan tidak terasa gatal. Disamping itu terdapat pula kondiloma lata, lesi pada mukosa mulut atau genitalia terdapat limfadenopati generalisasi.
- Stadium III: muncul 3-10 tahun sesudah stadium I. Gejalanya terutama gumma atau tubera pada kulit atau organ lain. Sifilis congenital dini gejalanya menyerupai stadium II sedangkan yang lanjut menyerupai stadium III.

Penularan
Sifilis dapat ditularkan dari orang ke orang yang lain melalui hubungan genitor - genital (kelamin - kelamin) maupun oro-genital (seks oral).