Senin, 15 Februari 2010

Tips & Trik : Optimalisasi Baterai dan Memori BlackBerry

Beberapa tips dan triks agar Blackberry kita tidak bekerja lamban dan baterainya boros. Nah disini saya akan sedikit share tentang beberapa masalah tersebut :

# Optimalisasi Baterai
- Lampu LED indicator matikan (lampu merah dan hijau yang kelip2). Penggunaan lampu menarik, tapi ini sebenarnya memakan daya dari baterai.
- Meminimalis suara alert. Cukup bunyi SMS, Telepon, BB Messenger, atau panggilan yang dianggap penting saja. Jadi semua tidak perlu diaktifkan.
- Brightness pada Backlight dikurangi dan ubah Time Out-nya. Settingan standard Brightness pada tiap perangkat BB adalah 100. Bisa diubah ke 80 atau 90 yang menurut anda terasa cukup nyaman untuk di dalam ruangan.

# Optimalisasi Memori
- Restart Blackberry anda, keluarkan baterai bila perlu. Dengan langkah ini, anda telah merefresh device-nya lagi. Dianjurkan dilakukan 1 kali sehari.
- Hapus atau uninstall pilihan bahasa yang tidak dipakai, hapus juga program atau aplikasi-aplikasi yang tidak pernah dipakai lewat Device Manager. Biasanya, settingan default dari RIM pilihan bahasanya masih banyak.
Kalau perangkat BlackBerry anda belum optimal, sebaiknya anda mengupdate firmware terbaru dari website resmi operator atau dari situs RIM.
Beberapa tips bagi pengguna BlackBerry yang sering bepergian ke luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemakai Blackberry sebelum bepergian (luar negeri) agar tagihan BB-nya tidak membengkak.
- Aktifkan Wi-Fi. Matikan layanan data BlackBerry operator bila Anda tak ingin biaya tagihan Anda bengkak. Bila tak ada Wi-Fi;
- Cukup aktifkan e-mail personal saja.
- Jangan membuka mailing list.
- Jangan membuka Contact list di berbagai jenis Instant Messenger (YM, MSN Live, dan lain-lain).
- Jangan terlalu sering mengirim dan menerima file berkapasitas besar.
Nah, selain itu, ada lagi satu hal yang menurutnya seharusnya dilakukan pemilik Blackberry sebelum mereka bepergian ke luar negeri.

Tips :
Cari roaming partner dari operator BlackBerry yang kita gunakan. Misalnya, Anda ingin bepergian ke Thailand. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda hubungi customer service operator Anda. Kemudian tanyakan, apakah mereka bekerja sama dengan salah satu operator di Thailand. Apabila ada, Anda tak perlu khawatir tagihan bengkak selama BlackBerry-an di sana.

Sumber :http://blackberrymag.blogspot.com/2009/12/tips-dan-triks-optimalisasi-blackberry.html