Senin, 23 April 2012

Kebiasaan Yang Bikin Susah Tidur

forum-buku.blogspot.com - Sepanjang malam Anda seperti tidak tidur, kesadaran Anda terjaga penuh walaupun sesekali terlelap. Alhasil, ketika bangun di pagi hari Anda merasa seperti tidak tidur, letih dan tidak segar. Padahal sebelum tidur, Anda sudah melakukan beberapa hal yang kabarnya bisa membantu Anda tidur lelap, seperti minum susu dan workoutsebelum tidur. Ternyata penyebabnya adalah beberapa kebiasaan yang 'katanya' bisa membantu tidur lelap, namun malah membuat Anda terjaga.



Minum susu
Penelitian di tahun 70an membuktikan bahwa minum susu sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Namun dikutip dari yahoo, penelitian tersebut menggunakan partisipan yang memang biasa minum susu sebelum tidur. Kevin Morgan dari Loughborough University menjelaskan, jika seseorang yang tidak biasa minum minuman berlemak seperti susu, maka meminumnya sebelum tidur justru akan mengganggu tidurnya.

Olahraga sebelum tidur
Membuat tubuh lelah dengan olahraga sebelum tidur kabarnya bisa membuat Anda tidur nyenyak, namun Dr Sunil Mathews dari Sleep Center di Texas menegaskan, olahraga juga membuat temperatur tubuh naik yang membuat Anda menjadi susah untuk jatuh tertidur.

Menghangatkan diri
Saat udara dingin, menghangatkan diri dengan selimut tebal, jaket dan kaos kaki tentu akan nyaman. Pastikan jangan berlebihan memakai penghangat karena semakin hangat suhu tubuh Anda, maka akan semakin sulit untuk tidur. Suhu yang sejuk justru akan membuat Anda mudah tertidur.

Tetap di tempat tidur
Sekian menit Anda tetap tidak bisa memejamkan mata, turunlah dari ranjang dan lakukan sesuatu yang membuat rileks. Tetap berada di tempat tidur dan berusaha memejamkan mata membuat Anda semakin sulit tertidur. Jika Anda bisa memejamkan mata, pikiran dan kesadaran Anda masih tetap aktif sehingga ketika bangun Anda merasa letih.

Tidur lebih awal
Karena takut kurang tidur akibat insomnia, Anda tidur lebih awal dengan harapan akan menambah jam yang hilang. Ini tidak akan membantu. Jika Anda hanya bisa tidur selama 4 jam, maka tidurlah dini hari dan tidak mencoba tidur lagi setelah terbangun empat jam berikutnya. Secara bertahap majukan jam tidur Anda setiap minggunya 15 menit lebih awal untuk memperpanjang waktu tidur Anda.
(vem/miw)

source