Kamis, 19 April 2012

Sikat Gigi dan 7 manfaatnya.?


forum-buku.blogspot.com - Anda ingin kesehatan selalu terjaga dengan baik? Mungkin konsultasi secara rutin ke dokter gigi wajib dimasukan dalam buku agenda Anda. Juga membiasakan sikat gigi dua kali sehari.



Sebuah riset menyatakan bahwa penyakit jantung dapat dicegah jika kita membersihkan gigi dan mulut secara teratur. Tidak itu saja, gigi dan mulut yang bersih bisa memanjangkan umur kita. Pastikan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride. Jauhilah minuman dan makanan yang bergula (terlalu manis) agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik.

Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, yang melakukan riset ini mengatakan, mulut dan gigi yang bersih bisa mencegah berbagai kondisi. Seperti yang dimuat di Dailymail, menurut Profesor Damien Walmsley ada beberapa penyakit yang bisa dicegah asalkan kita rajin membersihkan gigi dan mulut.

  1. Penyakit JantungMenumpuknya plak, sisa makanan yang bercampur bakteri akan mengakibatkan iritasi gusi, radang gusi, serta pendarahan gusi. Penyakit gusi bengkak (periodontal) bisa memicu turunnya protein C-reaktif dan fibrinogen, yang berakibat pada penyakit jantung. Demikian hasil penelitian di New York State University. Selain penyakit jantung, bakteri periodontal bisa saja menyumbat arteri dan menyebabkan infeksi. Kalau arteri sudah tersumbat, penyakit stroke sudah mengintai kita.

  2. Penyakit tekanan darah tinggiSebuah penelitian di Universitas Athena melaporkan, ada korelasi antara periodontis yang sudah kronis dengan meningkatnya tekanan darah atau hipertensi.

  3. Penyakit paru-paruPenyakit paru-paru obstruktif kronis bisa disebabkan karena merokok. Kondisi mulut dan gigi yang tidak terawat akan menimbulkan bakteri yang kemudian masuk ke paru-paru dan memperparah kondisi kita.

  4. Penyakit diabetes
    Menurut data, angka penderita yang mengidap penyakit gusi 3 kali lebih banyak dari penderita diabetes. Penderita diabetes akan bertambah buruk kondisinya jika terkena radang gusi.

  5. Kelahiran prematur
    Baru-baru ini penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama, Amerika Serikat, menemukan, wanita yang mempunyai penyakit gusi bengkak berpeluang besar melahirkan bayi prematur. Ini disebabkan karena meningkatnya kadar prostaglandin akibat dari gusi bengkak itu.

  6. Osteoporosis
    Gusi bengkak mengakibatkan tulang, akar, dan jaringan lunak gigi menjadi hilang. Gusi bisa menjadi tolak ukur adanya osteoporosis dalam tulang. Itulah kenapa orang dewasa sering kehilangan gigi akibat dari gusi bengkak tersebut.

  7. Kematian dini
    Berdasarkan survei terhadap 11 ribu orang berusia di atas 30 tahun yang dilakukan di Amerika Serikat, pada umur di atas 30 tahun, orang yang menderita gusi parah mempunyai harapan hidup tidak sampai usia 64 tahun. Penderita gusi yang sudah parah punya kemungkinan 2 kali lebih mungkin meninggal sebelum usia 64 tahun daripada orang yang tidak menderita.