Selasa, 08 Mei 2012

10 Makanan Peningkat Kesehatan Pria


 forum-buku.blogspot.com - Dalam banyak hal, pria begitu berbeda dengan wanita, termasuk dalam hal kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Sama seperti wanita yang membutuhkan beberapa nutrisi tertentu selama masa kehamilan atau untuk melindungi dirinya dari serangan kangker payudara, pria pun membutuhkan nutrisi penting  untuk membantu menjaga massa otot, mencegah serangan kangker prostat, dan masih banyak lagi.

Nah, 10 makanan berikut ini merupakan mengandung nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pria.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik, yang berguna untuk membangun otot. Telur kaya akan riboflavin, folat, zat besi, fosfor, juga vitamin B6, D, dan E. Telur juga mengandung vitamin B12 yang diperlukan tubuh untuk menghancurkan lemak.

Untuk mendapat protein terbaiknya, konsumsilah bagian putih telurnya. Putih telur mempunyai BV (Biological Value) atau daya cerna dalam tubuh yang sangat tinggi sehingga tak heran jika telur dianggap sebagai sumber protein yang superior.

2. Almond

Almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh.

Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas setelah anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan.






3. Daging Rendah Lemak

Daging sangat baik bagi kesehatan pria karena banyak mengandung protein. Daging merupakan salah satu sumber protein leusin dan asam amino untuk pembangunan otot.







4. Coklat

Konsumsi coklat dalam jumlah yang tepat akan membantuh memperlancar aliran darah. Flavanol dalam coklat hitam dapat menekan kadar kolestrol jahat, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga tekanan darah. Pria dengan aliran darah yang lambat berisiko mengidap disfungsi ereksi.







5. Kerang-kerangan

Kerang dan jenis makanan laut lainnya memiliki kandungan zinc (seng) yang berlimpah sekaligus penting untuk kesehatan jantung, otot dan sistem reproduksi.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan  kualitas sperma menurun dan menyebabkan  infertilitas pria. Jika anda bukan penggemar  makanan laut, cobalah konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai alternatif sumber zinc.


6. Alpukat

Alpukat memang memiliki kadar lemak baik yang tinggi. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat dapat melawan kolestrol jahat.









7. Ikan

Ikan seperti salmon atau ikan tuna adalah sumber lemak jahat. Makanan ini mengandung asam lemak Omega 3 yang berguna melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kangker, dan artritis. Konsumsi  dua ikan berlemak setiap minggu  secara rutin untuk menjegah penyakit jantung.





8. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang berguna mengurangi rasa sakit dan cedera ketika anda melakukan aktivitas yang terlalu berat. Makan jahe secara teratur dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat cedera otot saat berolahraga.







9. Pisang

Pisang merupkan sumber kalium yang sangat baik. Kalium sangat penting untuk kontraksi otot dan kesehatan tulang, pisang juga membantu menjaga tekanan darah.







10 Tomat

Tomat mengandung lycopene yaitu antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari beberapa jenis kangker. Beberapa penelitian menunjukkan  bahwa tomat efektif untuk menurunkan resiko kangker prostat.




 
Nutrisi esensial dalam makanan-makanan diatas sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah pengeroposan tulang, menjaga massa otot, mencegah serangan radikal bebas, dan sebagainya. Namun tentu saja, mengkonsumsi makanan diatas saja tidak cukup. Imbangi ula pola makanan sehat anda dangan berolahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

Semoga Bermanfaat dan Hidup Sehat Selalu..

Source : sportindo.com | Mei |