Jumat, 04 Mei 2012

6 Cara Menjauhkan Jerawat

forum-buku.blogspot.com - Benarkah jerawat yang muncul tiba-tiba di wajah disebabkan hanya oleh stres dan makanan? Belum tentu, lho! Buktinya terdapat enam penyebab jerawat yang tak terduga dan ada di sekitar Anda.



 1. Hati-hati jika ternyata obat yang Anda konsumsi mengandung steroid. Baik obat luar maupun obat dalam, kandungan steroid di dalamnya harus diwaspadai. Biasanya alergi dan radang sendi kaki (arthritis). Penggunaan obat-obat semacam ini secara berlebihan ternyata bisa memicu jerawat.

 2. Kontrasepsi oral seperti pil juga digadang-gadang sebagai penyebab tersembunyi dari jerawat. Apalagi pil KB biasanya akan mengubah level hormon yang terdapat di dalam tubuh. Dan, sekalipun perubahan tersebut memang bertujuan baik, bukan tak mungkin jerawat akan bermunculan sebagai efek samping. Namun, tubuh juga perlu beradaptasi dengan perubahan hormon ini sehingga biasanya jerawat-jerawat ini muncul hingga enam bulan.

 3. Kosmetik yang digunakan juga bisa “menyumbang” jerawat, lho. Biasanya krim topikal, lotion, dan make up yang digunakan di area wajah, leher, area rambut di atas kening, dan kulit kepala yang menyebabkan jerawat ini muncul. Contohnya, jika Anda lupa membersihkan wajah setelah memakai make up atau beraktivitas sebelum tidur.

 Jerawat juga bisa muncul gara-gara minyak perawatan rambut yang dioleskan di kulit kepala sebelum tidur. Bayangkan saja, Anda tidur memakai bantal dalam posisi berubah-ubah. Alhasil bantal yang terkena minyak tadi mengenai wajah saat tidur. Jika ini yang terjadi, siap-siap saja “menyambut” jerawat dalam waktu dekat.
 Begitu pula dengan kuas makeup. Benda ini digunakan berkali-kali untuk mengaplikasikan kosmetik sehingga akhirnya bakter dan jamur “bersarang” di sela-sela bulu kuas. Karenanya, jangan lupa membersihkan kuas make up seminggu sekali, ya!

 4. Tahukah Anda, di telepon genggam yang Anda pakai terkumpul berbagai kotoran dan bakteri. Tak heran, kan, jika jerawat muncul di area dagu dan sekitar bibir? Cara mencegahnya, Anda harus rajin mengelap handphone kesayangan dengan cairan antibakteri yang mengandung alkohol dan rajinlah mencuci muka.
 5.  Rutin yoga? Jika ya, jangan lupa mencuci matras yoga setiap habis dipakai dan hindari menggunakan matras yoga yang disediakan oleh tempat latihan yoga Anda. Jika memang terpaksa atau tak sempat mencuci, alasi bagian kepala di matras dengan handuk. Olahraga lain pun sama. Sebut saja lari, gerakan berlari akan membuat kulit di area tertentu bergesekan dan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah. Ini bukan ruam, lho, melainkan jerawat!

 6. Di antara lima penyebab tadi, kebiasaan memegang kulit wajah Anda justru paling berisiko menimbulkan jerawat. Pertama, kebiasaan ini membuat kulit Anda meradang dan meningkatkan produksi minyak.

[source]