Selasa, 22 Mei 2012

Desain Mangkuk Municipal Stadium Wroclaw


Metrotvnews.com,Jakarta: Municipal Stadium Wroclaw di wilayah Maslice, Wroclaw, Polandia, akan menjadi saksi bisu persaingan ketat turnamen sepak bola Benua Biru, Euro 2012. Stadion yang berkapasitas 42.700 tempat duduk ini diresmikan pada November lalu dengan menggelar laga persahabatan antara Polandia dan Italia.

Dibangun pada April 2009 dan baru selesai September 2011. Tepatnya tanggal 10, dengan menyelenggarakan pertarungan tinju perebutan juara kelas berat WBC antara Tomasz Adamek melawan Vitali Klitschko. Akan tetapi, markas milik klub Slask Wroclaw ini baru resmi dibuka pada 17 September ketika George Michael mengadakan konser musik.

Sempat terjadi masalah di sistem penyiraman, sehingga menyebabkan stadion itu sempat ditutup. Setelah dilakukan perbaikan, stadion itu telah diizinkan untuk digunakan. Dibangun di barat laut wilayah Maslice di Wroclaw, stadion ini dekat dengan bandara dan dapat dengan mudah diakses dari pusat kota melalui kereta api dan trem.

Pemain Slask, Johan Voskamp, tercatat sebagai pencetak gol pertama di stadion baru tersebut pada 28 Oktober 2011, ketika tuan rumah mengalahkan Lechia Gdansk dengan skor akhir 1-0. Pertandingan itu juga mencatatkan rekor penonton terbanyak yang datang ke stadion milik pemkot Wroclaw ini dengan total 42.771 tiket habis terjual.

Desain mangkuk dirancang untuk menyerap suara kerumunan penonton. Pada 11 Mei, pengelolaan stadion terbesar keempat di Polandia, ini resmi diserahkan kepada UEFA yang akan mengelola stadion itu selama penyelenggaraan Piala Eropa 2012.

Wroclaw merupakan salah satu dari empat kota di Polandia yang akan menggelar laga Piala Eropa bersama Warsawa, Poznan, dan Gdansk. Laga yang digelar di Municipal Stadium Wroclaw, antara lain (8/6) Rusia vs Republik Ceska, (12/6) Yunani vs Republik Ceska, (16/6) Republik Ceska vs Polandia.

Municipal Stadium Wroclaw
Kapasitas: 42.771
Rekor Penonton: 42.771 (Slask Wroclaw 1-0 Lechia Gdansk, 28 Oktober 2011)
Klub: Slask Wroclaw
Dibuka: September 2011. (DSY)