Sabtu, 21 Juli 2012

Kunang Kunang Ini Memilih Seks Berdasarkan Hadiah


Kunang-kunang menyala

Selama ini diketahui bahwa kunang-kunang jantan memikat betina dengan cahaya yang dipancarkan. Tapi selain itu, kunang-kunang jantan ternyata juga memikat betina dengan sebuah 'hadiah'.Mengutip laman BBC, para ilmuwan menjelaskan bahwa hadiah itu berupa spermathophore. Ini merupakan paket yang berisi sperma dan makanan untuk kunang-kunang betina.Ilmuwan dari Universitas Tufts di Boston, Amerika Serikat, mengungkap bahwa kunang-kunang perempuan lebih senang dengan jantan yang memberikan 'hadiah' terbesar. 'Kado' yang disukai betina adalah yang memiliki banyak kandungan makanan.


Penelitian ini dipresentasikan dalam sebuah kongres Biologi Evolusioner di Ottawa, Kanada. Adapun penelitian ini mendapat supervisi dari Sara Lewis, yang telah memelajari kunang-kunang selama lebih dari 20 tahun.Dengan supervisi Sara Lewis, Dr Adam South menggunakan cahaya LED untuk meniru cahaya yang dihasilkan jantan yang sedang dalam masa birahi. Mereka mengetahui bahwa sekelompok betina mengikuti cahaya tersebut dalam pola dan durasi tertentu, yang juga telah dibuktikan dalam penelitian sebelumnya.



Tapi ada sekelompok betina lain yang tidak tertarik. Kunang-kunang betina di alam luar memang cenderung selektif dalam memilih pasangan. Mereka hanya akan membalas sinyal cahaya kepada jantan yang dianggap memiliki daya tarik.Dalam eksperimen yang dilakukan, pasangan kunang-kunang itu kemudian bercinta di sebuah miniatur chamber. Para biologis dari Tufts ini kemudian merekam video itu dengan bantuan infra-merah untuk mengetahui apa yang terjadi setelah pasangan kunang-kunang ini mematikan cahaya mereka.



Hasilnya, terungkap bahwa betina lebih menyukai pejantan yang memberikan 'hadiah pernikahan' yang lebih besar. Saat bersama, kualitas cahaya yang dipancarkan tampak tidak terlalu berpengaruh.



Tapi masih ada yang belum terungkap, setelah spermathphore itu disalurkan ke dalam tubuh betina. Tidak diketahui cara betina menggunakan ukuran itu dalam memilih pasangan.



Adam South mengaku terkejut dengan fakta bahwa "cahaya pemikat betina hanya memberikan keuntungan di tahap awal proses kopulasi"."Selama ini cahaya itu dianggap penting," ujar South. "Tapi ketika jantan melakukan kontak fisik, betina mulai memilih alternatif lain itu."Adam South juga menjelaskan bahwa sangat penting untuk mengetahui perilaku seksual serangga. Terutama untuk memahami ekologi berkembang biak dari spesies tersebut.



"Jika kita berhenti mempelajari perilaku kunang-kunang hingga cahayanya dipudarkan, kita akan kehilangan kisah yang luar biasa kompleks ini," jelas South _teknologi.news.viva.co.id/