Selasa, 22 Mei 2012

Pancaran Emas dari PGE Arena

Metrotvnews.com, Jakarta:Stadion PGE Arena siap digunakan untuk pertandingan di Euro 2012. Stadion yang dulunya disebut Arena Baltik, terletak di bagian utara Kota Gdansk, Letnica, yaitu di wilayah segitiga bekas Kota Tua Gdansk, pelabuhan dan bandara.

PGE Arena terpilih menjadi satu dari 4 stadion untuk Euro 2012. Tiga stadion lainnya adalah Stadion Nasional Warsawa, Municipal Stadium Wroclaw, dan Municipal Stadium Poznan. PGE Arena yang berkapasitas 40.818 tempat duduk ini dibuka pertama kali pada Juli 2011. PGE Arena Gdansk adalah arena terbesar di Ekstraklasa dan terbesar ketiga di negara ini (setelah Stadion Nasional dan Silesia Stadium).

Stadion ini dibangun khusus untuk UEFA Kejuaraan Sepak Bola Eropa, yang akan diselenggarakan pada tahun 2012 di Polandia. Desain konseptual pertama dari stadion kota Gdansk disajikan sebelum pilihan tuan rumah turnamen itu. Transportasi menuju stadion ini bisa dilakukan melalui kerata api, trem, ataupun bus. Sejak 2010 nama resmi stadion ini PGE Arena Gdansk berdasarkan perjanjian sponsor dengan Polska Grupa Energetyczna (PGE Group).

Stadion ini dibuka pada 19 Juli 2011. Laga pertama sepak bola di PGE Arena Gdansk berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2011, antara Lechia Gdansk dan Cracovia yang berakhir imbang 1-1. Pencetak gol pertama di stadion baru ini adalah Fred Benson.

Stadion ini merupakan stadion sepak bola-spesifik, yang berarti bahwa rumput tidak dikeluarkan atau yang dapat diubah. Untuk alasan bahwa hal itu juga tidak memiliki sebuah trek atletik (lari). Ciri yang membedakan stadion ini dengan stadion lain di Polandia adalah ditempatkannya 18 ribu lembar polikarbonat berwarna kuning keemasan di sekeliling dinding stadion. Secara keseluruhan luar polikarbonat yang digunakan di stadion ini mencapai 4,5 hektare. Kini, stadion itu menjadi home base dari klub KS Lechia Gdansk.

Stadion PGE Arena Gdansk akan menggelar laga penyisihan antara Spanyol melawan Italia 10 Junia 2012), Spanyol versus Republik Irlandia (14 Juni 2012), Kroasia versus Spanyol (18 Juni 2012), serta laga perempat final antra juara Grup B melawan runner up Grup A pada 22 Juni 2012.

Lokasi : Gdansk, Polandia
Pembangunan : 2008 – 2011
Pemilik: City of Gdansk
Lapangan: Rumput
Biaya Pembangunan : 775 juta PLN
Arsitek : RKW Rhode Kellermann Wawrowsky
Struktur Insinyur : Bollinger+Grohmann
Kapasitas : 44.000
Dimensi lapangan : 105 x 68 meter.(DSY)