Selasa, 22 Mei 2012

Stadion Nasional Warsawa Kebanggaan Rakyat Polandia

Metrotvnews.com, Jakarta:Pesta sepak bola terbesar setelah Piala Dunia, Piala Eropa atau Euro 2012, akan digelar di dua negara, Polandia dan Ukraina pada 8 Juni hingga 1 Juli 2012. Sebagai tuan rumah, Polandia sejak jauh hari sudah berbenah, terutama kesiapan stadion yang akan dipakai bertanding oleh para pesepak bola Benua Biru.

Satu dari empat stadion di Polandia, yang dipakai untuk perhelatan turnamen sepak bola 4 tahunan itu adalah Stadion Nasional Warsawa. Stadion Nasional Warsawa menjadi venue pembukaan turnamen dinyatakan siap dipakai.

Peresmian stadion baru itu dilakukan dengan menggelar laga uji coba antara Polandia melawan Portugal.

Sebelumnya, banyak yang sanksi jika pembangunan stadion tersebut selesai tepat waktu gara-gara proses pembangunannya yang lambat. Stadion berkapasitas 58.000 tempat duduk dan dibangun dengan dana sebesar 562,3 juta dolar Amerika, 2,5 kali lebih mahal dari tiga stadion lainnya yang digunakan Polandia untuk menggelar Euro.

Kelebihan dari stadion itu adalah bangunannya yang multifungsi. Menurut juru bicara pembangunan stadion, Daria Kulinska, hanya satu dari sedikit stadion yang mampu menampung banyak ruang untuk dijadikan kantor, tempat pameran dan konferensi.

Selain Stadion Nasional Warsawa, terdapat tiga stadion yang akan menjadi tempat pertandingan di Euro 2012. Ketiga stadion itu ialah PGE Arena yang berkapasitas 40.818 tempat duduk, Municipal Stadium Wroclaw (40.610), dan Municipal Stadium Poznan (42.004).(DSY)