Kamis, 26 Mei 2011

Ikan Batik Bermuka Mirip Manusia dari Ambon

2023378p
Ikan unik dari perairan Ambon dengan bentuk tubuh yang bulat sepertikodok dan motif lurik seperti batik di sekujur tubuhnya ditahbiskansebagai spesies baru. Hasil pemeriksaan DNA menunjukkan bahwa ikantersebut berbeda dengan semua jenis ikan yang ada.

 
Namun yang takkalah menarik dari penampilan ikan tersebut adalah mukanya yang datardan mata menonjol sehingga sekilas mirip manusia. Apalagi dengan mulutyang lebar, sesekali terlihat seperti seseorang yang tersenyum.
 
Keberadaannyapertama kali ditemukan seorang instruktur selam yang bekerja padasebuah operator wisata setahun lalu di perairan dangkal sekitar PulauAmbon. Penemuan tersebut langsung dilaporkan kepada Ted Petsch, pakarikan dari Universitas Washington untuk dipelajari.
 
"Seperti ikankodok lainnya, ia punya sirip pada kedua sisi tubuhnya dan tumbuhseperti kaki. Namun, perilakunya belum pernah terlihat pada ikansejenis lainnya," ujar Pietsch. Misalnya, ikan yang bertubuh bulattersebut terlihat sesekali memantulkan diri di dasar laut sepertisebuah bola karet yang bergerak tak beraturan.
 
Pietsch kemudianmemberinya nama spesies psychedelica sesuai gambaran penampilan danperilakunya. Ikan tersebut masuk dalam genus Histiophryne sehingga namailmiahnya Histiophryne psychedelica.
 
"Saya pikir orang telahbegitu mengenal ikan kodok dan menemukan satu ekor yang baru sepertiini sungguh terdengar spektakuler," ujar Mark Erdman, penasihat seniorprogram kelautan Conservation International. Ia mengatakan penemuantersebut juga menunjukkan bahwa keanekaragaman spesies di kawasanhabitat yang masuk dalam Segitiga Koral tersebut mungkin masih banyakyang belum terungkap.
 
Tubuhnya yang sebesar kepalan tangan orangdewasa dilindungi kulit berlipat yang keras sehingga tahan dari gesekanterumbu karang.

sumber